PRUCINTA (ASURANSI JIWA SYARIAH) PERTAMA DI INDONESIA


Sejatinya cinta adalah melindungi, dan menjaga.
Saat tak bersamanya menjadi sebuah doa
Saat bersamanya tak ingin berpisah

Yah, sejatinya sayapun merasakan hal yang sama. Saat melakukan hal yang banyak untuk orang tercinta rasanya tak ada habisnya senang dan bersyukur, terlebih disaat Tuhan memberi Sudais dikehidupan kami, ingin melihat nya menatapku ingin melihatnya merangkak, ingin melihatnya menyebutkan kata pertama, ingin melihatnya makan pertama, ingin melihatnya berjalan, berlari, kesekolah, kuliah, kerja bahkan ingin melihatnya menikah T,T semua hal ini ingin saya lakukan sebagai IBU tapi ketika diperhadapkan dengan pertanyaan 

“Bagaimana jika dan apa yang telah aku siapkan untuk nya jika hal buruk terjadi?”

Saya tak sanggup membayangkannya, bagaimana dengan kalian? Apakah hanya berfikir ini terlalu berat? Pada Event beberapa hari lalu saya hadir di Launching Asuransi Jiwa Syariah pertama di Indonesia yakni PRUCINTA, tidak ada yang berbeda dengan event biasanya yang saya hadiri. Saya memutuskan menggunakan dress berwarna maroon biar lebih kece dan bersatu padu sama eventnya secara logonya merah putih gitu jadi biar difeed Instagramnya juga keceh. Oke lanjut, maaf membahas dress saya pada akhirnya yang bukan inti dari tulisan saya kali ini. 

Saya sampai, disambut dengan mba yang manis didepan pintu menulis daftar tamu yang hadir, duduk di kursi baris kedua karena didepan sudah ada teman yang lebih duluan, mengambil makan siang dan sempat bercanda dengan chef yang buat lunch kita hari itu, dia bilang : “cobaki tawwa ini coto chef hendri, dibuatnya dengan rasa cinta sedikit sedih karena game dia putus sama pacarnya dan sudah 4x, katanya sambal ketawa” akhirnya saya mencoba menu itu dan yah emang enak, sampai pada menu makan siang dan dresscode saya hari itu ntah mengapa pada saat prosesi perkenalan dari PRUCINTA ini hamper saja air mata turun disiang itu. 

Bagaimana tidak, saya diperhadapkan dengan sepenggal kisah sedih yang terkadang saya, kalian dan orang-orang lain pun pernah memikirnya. Saya tidak mau menyimpan kisah ini sendirian, maka dari itu kalian yang membaca ini bisa menontonnya dibawah :



Diantara kisah kisah diatas mana yang paling mewakili perasaan kalian ? saya pribadi tertegun dengan “I don’t know, valid question” yah for me to sambal melihat raut wajahnya, dan saat si IBU mengatakan belum siap pertanyaan-pertanyaan ini mungkin pernah terlintas tapi tidak kita fikirkan sedemikian rupa, mungkin saat kita tidak ada uang tabungan yang tersisa masih cukup untuk satu dua tahun akan dating, bagaimana dengan tahun-tahun berikutnya ? 

Bagaimana dengan biaya sekolah anak kita? Bagaimana jika ternyata saham anjlok seperti yang diKhawatirkan bapak dalam video tersebut, dan bagaimana ketika diperhadapkan dengan kasus bapak yang pertama? Yang akan meninggalkan motor itupun akan lunas dibeberapa bulan akan dating. So hard, pastinya saya pun yang ada disitu seketika buyar dan agak baper disiang hari *tumben wkwk* alhamdulillah lah MC waktu itu Pak Arie manggil Narasumber kita yakni, Pak Ari Purnomo selaku Head Of Sharia Business 

Prudential Indonesia yang sedikit membuat Ibu yang gampang panik ini tenang, selain mengatakan kalua kita tidak perlu takut secara garis besarnya, Beliau mengatakan Data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memperlihatkan bahwa pada tahun 2019 tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 1,2% dibandingkan total Produk Domestik Bruto (PDB). Angka 1,2% ini masih tertinggal dari negara-negara Asia lainnya, seperti Korea Selatan (8,4%), Jepang (6,2%), dan Tiongkok (2,8%). Dari angka ini terlihat peluang besar bagi PRUcinta. 


Apalagi Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016 oleh Otoritas Jasa Keuangan(OJK) juga menunjukkan hal yang selaras. Survei tersebut memperlihatkan bahwa indeks literasi asuransi Syariah hanya 2,51% dan inkulusi asuransi Syariah hanya1,92%. Masih berdasrkan data OJK, disebutkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia tujuan keuangannya masih focus pada semat-mata untuk mencukupi kebutuhan harian mereka dan hanya 1,5% yang mempersiapkan dana darurat.

Ada beberapa keistimewaan dan manfaat dari PRUCinta, diantaranya:
  • Benefit-nya melindungi selama 20 tahun dengan kontribusi hanya 10 tahun. Maksudnya preminya dibayar 10 tahun dapat perlindungan 20 tahun. Simple, kan, dengan membayar selama 10 tahun bisa memperoleh perlindungan 20 tahun.
  • Yang dilindungi adalah perlindungan risiko kematian. Jika terjadi kematian dalam 20 tahun sejak premi dibayarkan maka 100% santunannya dibayarkan
  • Kalau meninggalnya karena kecelakaan maka yang diperoleh dikalikan 3. Jadi 300% santunan yang akan diterima.
  • Jika meninggalnya karena kecelakaan selama Ramadhan sejak 1 Ramadhan sampai 6 minggu setelahnya maka santunan dibayarkan 400%. Hal ini berlaku untuk semua kalangan, bukan hanya muslim selama periode Ramadhan.
  • Jika tak mengalami risiko, yang mana nasabah sehat sampai 20 tahun, ada manfaat yang diperoleh yaitu nilai tunai setara dengan 100 persen kontribusi. Contohnya jika premi 10 juta setahun. Kalau dia tetap hidup sampai tahun ke-20 maka akan dapat 100 juta
  • Kalau misalkan nasabah memanfaatkan semua 5 ini:  e-Submission, e-Policy, selalu menggunakan e-Transaction Statement, selalu auto debet rekening, dan tidak pernah lapsed maka ada tambahan 10% nilai tunai dari total kontribusi dan dibayarkan saat jatuh tempo. Jika premi 10 juta setahun contohnya, asalkan menjalankan kelima hal tadi maka pada tahun ke–10 akan dapat 110 juta karena ada tambahan sebesar 10%.
  • Ciri khas produk Syariah surplus underwriting (pembagian surplus dana tabarru’). Jika ada kelebihan dana pada rekening tabarru’, pemegang polis berhak mendapatkan surplus underwriting berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Keuntungan lainnya adalah lebih murah jika membayar tahunan. Preminya lebih murah. Dengan membayar selama 11 bulan sekaligus sudah terhitung membayar untuk 12 bulan.
  • Sebagai bukti cinta kepada masyarakat PRUCinta dapat dijadikan wakaf, akan dialokasikan ke wakaf hidup atau wakaf wasiat. Ketentuannya mengikuti wakaf Prudential yang sudah berjalan.













Dengan beragam benefit yang kita dapatkan, semoga kita sudah memiliki bayangan setidaknya bias menyiapkan bekal dan menyisihkan uang yang kita dapat untuk asset-aset orang yang kita cintai. Sebab meski kita tidak selamanya ada, setidaknya hal-hal baik dan berguna untuk mereka ada. Oh iya info selengkapnya silahkan langsung ke Asurasni Syariah PRUcinta

Semoga cerita saya kali ini bermanfaat ya, see you and enjoy 

foto dengan teman teman bloger makassar bersama pak arie dan ibu suhartini










You Might Also Like

15 komentar

  1. Banyak banget ya manfaat dari PRUCinta ini. Paling pas buat kita yang peduli akan simpanan buat orang2 yang terkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak jleb juga ketika dikasi pertanyaan tentang apa yang kita tinggalkan buat orang2 twrkasih kalo kita meninggal, hhuhuh..

      Hapus
  2. PRUCinta itu membantu sekali dih kak dalam membuktikan cintata sama orang yang kita cintai, apalagi ndk ditau kapan kita ini dipanggil oleh Allah

    BalasHapus
  3. Keyika mendapat pertanyaan itu, berasaka kyk itu istri yang pegang cincinnya. Ada tabungan, tp bkum tentu mampu mengcover lama kebutuhan keluarga 😭

    BalasHapus
  4. Sedih yah liat videonya karena ini bener2 seperti kita2 yang belum bisa mempersiapkan kalau2 harus meninggalkan keluarga 😢😢

    BalasHapus
  5. Aku ga ngerti kalo ada org yg bilang asuransi itu sia2. Banyaaak temenku yg ga percaya asuransi. Malah sampe ada yg nulis di timeline ya, kalo asuransi itu sbnrnya penipuan belaka. Ngelus dada bacanya.

    Aku sendiri punya banyak polis mba. Suami juga. Dan itu semua demi anak2. Krn kit berdua ini suka banget traveling. Dan utk perlindungan ke anak2 kalo sampe ada apa2 dengan kami, uang pertanggungm dr asuransi itu bakal jd pegangan mereka.

    Kami udh pastiin kalo UP yang bakal mereka trima itu cukup utk membiayai hidupnya sampe selesai kuliah. Dulu sih tujuanku beli asuransi Krn sadar diri aja susah banget nabung. Lgs abis ke traveling. Tp dengan membayar premi secara rutin, itu buatku udh proteksi dan utk masa depan jg. Aku jadi ga kuatir kalo sampe suami kenapa2, Krn UP dr asuransinya bakal membantu banget utk kelangsungan hidupku dan anak2.

    Temenku ada yg dr Prudential juga nih. Ntr aku mau tanya LBH detil ttg prucinta ini deh . ;). So far asuransi yg aku punya mostly dr Manulife , dan Generali.

    BalasHapus
  6. Asuransi jiwa syariah yang simpel, tapi manfaat-manfaat yang diberikan sangat banyak. Handal memang PRUCinta! :D

    BalasHapus
  7. Saya juga tidak sanggup membayangkan pertanyaan seperti itu tapi memang ada benarnya sih ya dan harus dipikirkan bagaimana solusinya.

    BalasHapus
  8. Aku dan suami punya polis diil Prudential juga tapi belakangan ini kami terpikir untuk beralih ke polis prudential syariah aja

    BalasHapus
  9. Wah, ada yg baru lagi dr Prudensial ya. Nice. Aku tertarik pengen tau lbh jauh ttg Prudensial. Programnya beragam dan bs disesuaikan dgn kondisi kita ya.

    BalasHapus
  10. Bikin baper sekali memang itu pertanyaannya hiks... Ternyata memang menyiapkan dana perlindungan buat keluarga itu sepenting itu yaa...

    BalasHapus
  11. Dulu nda pernah kepikiran pertanyaan seperti ini tapi abis dari event ini jadi mikir panjang. Memang sudah harus sadar asuransi sejak dini sebagai persiapan masa depan anak

    BalasHapus
  12. lebih tenang ya kalau udah ada yg tipe syariah gini polis asuransinya, memang proteksi penting bgt sih buat persiapan nanti, aku fokus juga ke asuransi pendidikan buat si kecil huhuhu

    BalasHapus
  13. Ya Allah rasanya Mba, hehehe harus punya aset nih sebelum pergi
    sedih ya kalo gini, harus punya sesuatu bener kata prucinta ini pas banget

    BalasHapus
  14. Banyak banget ternyata benefitnya Prucinta ini. Jadi makin pengen tahu lebih banyak nih, apalagi ini asuransi syariah ya. Memang persiapan itu perlu banget sih buat orang2 tercinta kita ya supaya terlindungi

    BalasHapus