Kamis, 05 September 2019

MORULA TWO FABULOUS | When dreams come true







        Mendambakan kehadiran buah hati adalah hal yanag ditunggu-tunggu semua orang, termasuk aku pribadi. Sebelum menjelaskan panjang tentang morula, aku mau cerita dikit dimana aku sendiri mengalami hormonal yang ga normal (katanya kalau hormon kita ga normal seperti datang bulannya 2 bulan sekali bahkan dulu pernah 6 bulan wkwk ; ini menjadi salah satu ciri infertiliti) tapi alhamdulillah Allah ngasih aku amak diumur 2 bulan pernikahan kami, aku aja yang baru 2 bulan bahkan baru habis dari honeymoon udah ga sabar pengen anak. Gimana dengan yang udah bertahun-tahun ya ? Dari situ aku belajar, untuk ga mikirin lagi sambil aku doain teman-teman ku yang emang lebih dulu nikah dibanding aku, agar mereka segera hamil karena mereka udah lebih dulu dan aku mengerti perasannya. Sampai pada tahap tiap kali mau testpack aku bilang sama suami gapapa ya kalau belum wkwk alhamdulillah suami juga bilangnya yang nyemangatin, tau ga aku itu waktu dulu testpacknya selalu tiap minggu wkwk. Ya kurang lebih seperti itulah, dan sekarang aku mau jelasin tentang morula ! hmmm udah pada tau ga ya ?
    Jadi, Morula itu adalah klinik besar di Indonesia dengan berbagai cabang untuk membantu pasangan memiliki buah hati. Ada program inseminasi ada juga IVF dan beberapa artis juga mendapatkan buah hati mereka lewat morula loh, tapi karena aku domisili Makassar aku mau bahas tentang Morula Makassar, untuk lebih detail tentang morula kamu bisa baca disini


Tentang Morula IVF Makassar

    Semenjak grand opening Morula IVF Makassar yang berlokasi di RS Awal Bros Makassar di bulan Agustus 2017, Morula IVF Makassar telah membantu 3,465 pasangan yang mendambakan buah hati yang bukan saja berasal dari kota Makassar tetapi hampir dari semua kota di Indonesia Timur, dan untuk persentase kehamilan mencapai 30% dari siklus fresh cycle. Morula IVF Makassar sendiri telah menduduki posisiperingkat ke 6 siklus terbanyak dari 34 center bayi tabung di Indonesia tahun 2018.

Layanan Morula IVF Makassar meliputi: 
  1. Program Kehamilan dibantu - In Vitro Fertilisation (IVF) dan Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI), Intra Uterine Insemination (IUI), pembekuan sperma dan embrio. 
  2. Intracytoplasmic morphologically selected sperm injection (IMSI)
  3. Time Lapse
  4. Layanan akupunktur khusus infertilitas dan kehamilan
  5. Layanan konsultasi kesehatan pria
  6. Layanan PESA/TESE
  7. Layanan konseling psikologi dengan psikologi klinis.
  8. Jasa laboratorium spermatologi 
  9. Bank sperma dan embrio. Dengan alat-alat kedokteran terkini, serta prinsip High End dan High Tech kami akan memberikan perawatan khusus dan profesional disetiap tahap. 
        

       Morula IVF Makassar berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang sepenuh hati dengan layanan pelanggan yang terstandar dan tentunya lokasi yang mudah dijangkau dan tepat berada di tengah kota Makassar, baik pelanggan dari kota makassar maupun dari luar kota, akan sangat mudah menjangkau klinik Morula ini yang berlokasi di RS. Awal Bros Makassar. Agar nantinya morula dapat menjadi ikon kebanggan kota Makassar kata direktur Morula Makassar.





          Waktu itu aku hadir di Acara Morula, berbagai kisah dan cerita dari dokter-dokter yang bertugas disana aku jadi lebih tau tentang program-programnya. Karena, selama ini hanya tau Morula tempat bayi tabung itupun karena kebetulan sahabatku program disana. diawal aku udah bilang kan aku orang yang bermasalah dengan hormon.
Di antara berbagai metode mengatasi masalah ketidaksuburan (infertilitas) pasangan suamiistri, bayi tabung (In vitro fertilization, IVF) memiliki angka keberhasilan tertinggi, mencapai 40-50%. Terlebih dengan penerapan teknologi terkini yang mampu mengatasi kasus-kasus infertilitas tingkat tinggi.

Apa saja teknologi canggih itu?
      Pertama, pada pasien yang tidak didapatkan sperma saat analisa sperma (azoospermia) dapat diupayakan dengan teknologi pengambilan sperma langsung dari testis, melalui prosedur Percutaneous Epididymal Sperm Aspiration (PESA) atau Testicular Sperm Aspiration (TESA). Kemudian, teknologicanggih berikutnya ialah Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI), dimana proses pembuahan (fertilisasi) dilakukan dengan cara menyuntikkan satu sperma terpilih langsung ke dalam sel telur. Dengan teknologi ICSI, penolakan sel telur terhadap sperma suami juga bisa dihindari. Berbeda dengan cara konvensional yang memerlukan sekitar 40.000 sperma untuk membuahi satu sel telur, serta kemungkinan kegagalan fertilisasi karena penolakan sperma suami oleh sel telur istri.
Selanjutnya, yang lebih maju dari ICSI adalah teknologi Intracytoplasmic morphologically selected sperm injection(IMSI). Teknologi ini serupa ICSI, namun pemilihan sperma terbaik dilakukan lebih detail menggunakan mikroskop khusus yang bisa memperbesar penampakan sperma hingga 6.000 kali.Dengan teknologi IMSI, kecacatan bentuk pada sperma bisaterdeteksi sebelum fertilisasi. Sperma yang mempunyai bentuktidak sempurna akan berakibat pada perkembangan embrio yang kurang baik dan berakhir dengan gagalnya program bayi tabung.





       Teknologi IMSI merupakan pengembangan ICSI untuk menyeleksi sperma dengan lebih detail menggunakan mikroskop dengan kemampuan pembesaran sangat tinggi. Teknik ini memungkinkan ahli embriologi memilih sperma terbaik untuk proses fertilisasi. Dengan teknik ICSI, seleksi sperma dilkaukan dengan pembesaran 40 kali, sementara dengan metoide IMSI pembesaran bisa sampai 6.000 kali.Tahun 2003, tim Bartoov melaporkan hasil penelitian di mana prosedur seleksi sperma dengan teknik IMSI terbukti meningkatkan angka kehamilan bagi pasangan dengan kegagalan yang berulang. Pasangan yang menggunakan teknik IMSI mengalami kehamilan sangat signifikan (66%), dibandingkan dengan pasangan yang hanya menggunakan teknik ICSI (33%). Sperma yang buruk akan memeranguhi kualitas embrio. Kualitas embrio yang buruk meningkatkan kegagalan kehamilan. 
              Tahun 2006, penelitian lanjutan melibatkan 80 pasangan pada tiap kelompok. Pada kelompok yang menggunakan teknik IMSI, angka kehamilan mencapai 60%, sedangkan pasangan yang menggunakan tekniki ICSI kehamilan hanya 25%. Angka keguguran juga signifikan, pasangan yang menggunbakan IMSI mempunyai angka keguguran 14% sedangkan pasangan yang menggunakan teknik ICSI mencapai 40%. Penelitian yang dilakukan di Italia tahun 2008 juga menunjukkan hasil serupa. Untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung, Morula IVF Makassar juga telah menyediakan teknologi terbaru kedua pada program bayi tabung yaitu Time Lapse. Time Lapse memegang peranan penting dalam tahapan pemilihan embrio terbaik, penggunaan Time Lapse sangat perlu dipertimbangkan. Time Lapse digunakan untuk mengamati perkembangan sel embrio, sehingga embrio dengan perkembangan atau pembelahan sel yang tidak normal dapat diketahui. Dengan kualitas embrio yang baik, akan membantu meningkatkan keberhasilan porogram bayi tabung. D Indoinesia IMSI masih baru diterapkan dibeberapa klinik infertilitas, sedangkan untuk Time Lapse sendiri hanya ada 4 center klinik bayi tabung yang memiliknya salh satunya di Morula Makassar. Oh iya untuk teman-teman yang ingin mau cek program di Morula bisa datang ke RS Awal Bros ya, Morula ini berada di Lantai 9. Btw Morula udah sukses menghadirkan 62 bayi selama 2 tahun beridiri di Makassar, salah satu dokter hebatnya yaitu Prof nusrat untuk temen temen yang mau kepoin ini ya instagram beliau







            Di Event ini juga aku jadi tau cerita tentang mba Tya Ariestya gimana terplanningnya dia dipernikahannya, dan tentunya cerita program IVF nya. Mba tya sendiri udah menjalankan 3x IVF hanya saja karena beliau domisili Jakarta, jadi programnya di Jakarta. Pertama dia berhasil, kedua gagal dan ketiga berhasil. terus ada yang tanya kenapa anak pertama dan kedua bayi tabung mulu? Iya, karena aku orangnya terplanning. aku mau di Usia segini aku udah dua anak *katanya. 




       Jadi, sebenarnya permasalahan buah hati itu bukan karena ada yang bermasalah sama kita mungkin saja Tuhan melatih sabar dan kekuatan kita dari situ sembari memilih waktu yang tepat buat kita dikasih hadiah itu. Oh iya aku lupa kata mba tya juga kalau usia pernikahan kalian udah setahunan jangan nunggu lebih lama lagi, karena jangan sampai kita tenggelam dalam ketikpastian. Bukan kita tidak percaya kerja tangan Tuhan, tapi melalui IVF ini adalah ikhtiar. Bukankah kita juga disuruh berusaha ya kan? Jangan lupa ajak suaminya juga ya, sebab bisa aja keterlambatan hadirnya buah hati datangnya dari sang suami. Semangat untuk kalian semua yang sedang menanti buah hati, dan aku punya short film morula nih yang diperankan oleh tumming - abu, fildzah dan ikram semoga menjadi pengibur dan penyemangat ya untuk yang sedang menanti judulna CUCU wkwk klik tautan dibawah ya 







Celebration Two Fabulous IVF Makassar


 




Tak lupa foto-foto waktu event aku dan temen bloggercu :D































































28 komentar:

  1. gagal fokus ama foto di bawah, bajunya senada hahaha, kereeennn :D

    Morula ini beneran keren ya, semacam menjawab banget impian orang-orang yang ingin punya momongan tapi masih nunggu.

    Banyak cerita dari ikhtiar orang2 yang ingin menjadi ibu :)

    BalasHapus
  2. Wah ada mbk tya juga. Aku ngikutin share cerita mbk tya soal program hamil yg ia ikuti. Perjuangan bgd tp insyaAllah memberikan hasil yg alhmdulillah. Aku senang sekali dg terobosan2 teknologu utk dunia kesehatan. Semakin banyak yg terbantu insyaAllah.

    BalasHapus
  3. Sepertinya, tanpa kehadiran anak atw buah hati rasanya ad yg hilang bagi pasangan yg sdh berkeluarga yah kak, alhamdulillah aq baru tw ad klinik sprti ini di mksr, kmrn jg smpt nyari2 referensinya

    BalasHapus
  4. Menantikan seorang anak itu sesuatu banget ya, mbak. Ade juga sempat mengalami ini dan telat hampir 3 tahun. Sampai divonis oleh dokter susah punya anak krn sel telurnya kecil-kecil (aku lupa istilahnya). Akhirnya dapat juga karena sudah waktunya dari Tuhan.

    Senangnya bisa mendengar sharing dari mbak Tya juga :)

    BalasHapus
  5. Kalau mendapat momongan yang sudah ditunggu pasti bahagia bangeet ya. Sekarang program IVF sangat membantu ya

    BalasHapus
  6. Membantu sekali ya mbak utk teman2 yg ingin segera memiliki momongan. Penting juga ya utk cek medis di klinik fertilitas seperti Morula ini kalo belum kunjung hamil.

    BalasHapus
  7. Semoga aja Morula menjadi solusi bagi para pasanga yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati. Terbayang deh bahagianya kalau buah hati yang lama ditunggu pun tiba

    BalasHapus
  8. Dengan adanya Morula menjadi harapan baru bagi pasangan yang sedikit mengalami kesulitan mendapatkan buah hati ya.
    Semoga dengan konsultasi di Morula semakin banyak senyum bagi pasangan yang sudah lama menantikan buah hati.

    BalasHapus
  9. Wah aku baru tahu nih ttg klinik Morula ini. Ada di kota mana saja ya?

    BalasHapus
  10. Ada teman saya yang belum punya anak karena masalah sperma dari suaminya, dia tidak mungkin ke Singapura. Andai dia tahu lebih awak tentang Morula pastinya lebih baik.
    Banyak pasangan yang membutuhkan bantuan secara medis dan psikologis yang tepat, Morulah-lah tempatnya. Semoga kian banyak masyarakat yang tahu dan mau ikhtiar secara baik.

    BalasHapus
  11. Lah aku dulu ampe hobi koleksi testpack kak, hehehe... punya buah hati emang idaman para pengantin baru kan ya, jadi pengennya mah dikasih cepet. ALhamdulillah udah ada Morula ini yang bisa bantu temen-temen lain yang belum ada momongan

    BalasHapus
  12. aku tidak begitu mengerti mengenai sistem ini tetapi aku mau search lebih lanjut sebelum rekomendasikan teman aku yang pengen banget punya anak. Thanks banget ya

    BalasHapus
  13. MasyaAllah, pengetahuannya daging banget ya. Alhamdulillah memiliki anak itu suatu anugerah ya....

    BalasHapus
  14. Anak adalah dambaan setiap pasangan hidup. Ketika bertahun-tahun menikah namun blm juga ada tanda-tanda hadirnya buah hati pasti sedih rasanya. IVF ini menjadi terobosan baru bagi yang segera mendambakan buah hati. Meski kita sadar bahwa anak adalah hadiah dari Allah namun tidak ada salahnya kita berikhtiar lewat IVF ini yang mbak.

    BalasHapus
  15. Morula belum ada di kota tempat saya tinggal. Andainya ada saya mau coba juga.
    Buah hati yang sangat dinantikan bagi pasangan yang belum juga dikaruniai keturunan memang terasa sangat berharga ya. Jalan terbaik apapun pasti dilakukan demi tercapainya harapan

    BalasHapus
  16. Jadi inget sepupu saya yang memilih program bayi tabung karena sudah 10 th belum memiliki keturunan. Alhamdulillah setelah lewat bayi tabung dia langsung dapat anak kembar cwe cwo.

    BalasHapus
  17. Hihi jd inget aku dulu baru beberapa bulan nikah udah pengen ngambil anak aja...untung di bulan keempat aku hamil hehe .

    BalasHapus
  18. Wah, seneng banget deh dengan semakin banyaknya klinik seperti ini. Membantu para pasangan dalam ikhtiar punya momongan. Mana dengan teknik mutakhir terbaik. Semoga banyak yang mendapatkan manfaatnya. :)

    BalasHapus
  19. Anak adalah anugerah yaa, Mba, apalagi untuk mereka yang udah lama menantikan kehadiran buah hati tercinta :)

    BalasHapus
  20. Beneran ya kalo Morula bakal mewujudkan impian pasangan suami istri dengan hadirnya baby. Teknologi jadi bermanfaat banget kalo untuk inovasi yang keren seperti ini. Di Semarang udah ada nggak siy?

    BalasHapus
  21. Teknologi Morula ini membantu banyak pasangan yang sudah lama merindukan anak. Kiranya banyak yang mengerti dan mau mengikut inovasi ini mbak.

    BalasHapus
  22. huwa terima kasih mba, aku nih udah dua tahun belum ada momongan
    pengen juga kayak yang lain udah isi. Tapi jadi pengen coba teknologi morula hehehe

    BalasHapus
  23. MasyaAllah ternyata morulla juga ada di Makassar...alhamdulillah ya dalam dua tahun sudah membantu sangat banyak pasangan.

    BalasHapus
  24. Senang sekali ada teknologi yang bisa membantu pasangan yang merindukan kehadiran sang buah hati.
    Semoga teknologi ini segera di fasilitasi oleh beberapa rumah sakit yang ada di kota-kota besar di Indonesia.

    BalasHapus
  25. Kehadiran klinik Morula ini bakal bisa bantu banyak pasangan yang sedang menunggu kehadiran buah hati ya. Dan rumah memang jadi meriah sih jika ada anak-anak.

    BalasHapus
  26. selalu ada jalan untuk niat baik ya mba, aku pun belajar banyak dari mba tya ariestya soal IVF ini karena beliau pejuang juga ya untuk mendapatkan momongan.

    BalasHapus
  27. Memang mbak, perjuangan berat untuk pasangan yang sudah menikah tapi belum kunjung diberi amanah bayi kecil, karena tekanan dari mana mana pastilah datang. Alhamdulillah sekarnag semakin banyak ya klinik yang menangani masalah fertilitas ini, banyak second opinion dokter.

    BalasHapus
  28. Wah makin banyak ya layanan yang membantu mengatasi problem pasangan yang ingin segera punya momongan. Syukurlah. Dulu temanku sampai harus keluar negeri untuk dapat layanan ini. Akhirnya mereka punya dua anak dari hasil program bayi tabung.

    BalasHapus

Follow Us @gadis_maharani