Rabu, 10 April 2019

BE APART 1 MILLION #IYABOLEH CELEBRATION | AKU DAN KAU SUKA DANCOW






      Mama boleh ga makan es krim? *sambil sudais nunjuk kearah eskrim itu* (meski sudais belum bicara tapi setiap gerakan tubuhnya saya paham) sempat takut untuk memberikan dia eskrim mengingat Sudais dulu pernah Pertusis (infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan yang mudah sekali menular. Penyakit ini dapat mengancam nyawa bila terjadi pada lansia dan anak-anak, khususnya bayi yang belum cukup umur untuk mendapat vaksin pertusis) 

baca juga : saat sudais terkena pertusis #ceritauntuksudais


Makassar, 6 April 2019

   Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ dari DANCOW Advanced Excelnutri+ telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1 Juta ‘Iya Boleh’ dari orang tua di seluruh Indonesia dalam kurun waktu dua bulan sejak diluncurkan. dengan memakai dresscode kuning hari itu saya pribadi sangatlah antusias karena acara kali ini yang saya hadiri tidak hanya membuat Sudais senang karena dia bisa bermain bola, main gambar gambar, susun balok, berlarian kesana kemari tentunya bersama teman teman nya yang lain. yang turut serta hadir bersama para prang tua mereka. Hari itu semakin spesial karena para ibu-ibu juga diberikan pengetahuan tentang tumbuh kembang si Kecil oleh para Pakarnya, ada Drs. Hendra Jamal, M.Si, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia beliau mengatakan bahwa orang tua adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter generasi mendatang. Untuk itu kami menyambut baik inisiatif pembuatan modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’ sebagai panduan pengasuhan si Kecil yang dilengkapi dengan tips-tips yang bisa dipraktekkan orang tua dalam kehidupan sehari-harinya.


Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila kebutuhan dan pemenuhan emosional selama masa perkembangan anak dapat terpenuhi, maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta memiliki karakteristik Anak Unggul Indonesia, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli dan memiliki jiwa Pemimpin,” tambah dr. Rinvil Renaldi, Sp.KJ(K), M.Kes, Psikiater anak dan remaja.


Dokter anak,Dr. Setia Budi Salekede, Sp.A(K)mengatakan bahwa ketika anak bereksplorasi, ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu, seperti infeksi saluran pernafasan dan diare. Hasil riset menunjukkan 41,9% anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 12,2% anak masih sering terkena diare. Oleh karena itu anak harus mendapatkan nutrisi dan perlindungan yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan asupan probiotik seperti Lactobacillus rhamnosusyang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.


MENGAPA HARUS DANCOW?

   Karena Dancow selain menutrisi, menstimulasi juga mencintai .
Nutrisi - Stimulasi - dan Cinta merupakan 3 pilar utama membentuk anak unggul Indonesia. karena saya percaya masa depan bangsa ditentukan dari seberapa unggulnya kualitas generasi penerus, termasuk populasi anak. Sejumlah penelitian menunjukkan, keberhasilan suatu bangsa dalam melondungi dan membentuk hak fundamental anak merupakan tonggak awal membentuk masa depan bangsa yang lebih tangguh dan berkualitas. Toga dkk dalam "Mapping Brain Maturation" menjelaskan bahwa anak sebagai individu yang berbeda orang dewasa harus melalui serangkaian proses perkembangan berkesinambungan dengan tingkat keunikan yang sangat beragam disetiap tahapan usianya. Beberapa ahli menjelaskan konsep proses tahap perkembangan ini sebagai tahapan yang paling penting dalam kehidupan anak dan butuh dukungan dominan dari orangtua. Konsep Parenting merupakan salah satu strategi inti tahap ini. Meningkatnya pemahaman dan penelitian serta minat dibidang tumbuh kembang anak pada prinsipnya menghasilkan dan merekomendasikan satu kesimpulan terakhir, yaitu anak secara fundamental hanya membutuhkan tiga komponen yang optimal untuk mencapai tumbuh kembang. tiga komponen ini ialah Nutrisi - Stimulasi - Cinta


Selain itu Dancow mengeluarkan sebuah konsep Anak Unggul : dimana konsep Anak Unggul ini disusun oleh para ahli Dari Dancow Parenting Center (DPC) yang bersepakat bahwa untuk menjadikan parameter sederhana dan indikator awal Anak Unggul dengan melihat tumbuh kembangnya. Disamping parameter tumbuh kembang ini para ahli di DPC juga menjadikan status gizi dan asupan nutrisi sebagai indikator untuk mendukung konsep Anak Unggul ini. Parameter kunci "Anak Unggul Indonesia" dimaksudkan dengan memudahkan orangtua dan tenaga kesehatan untuk mendefinisikan konsep tadi, Dancow Parenting Center sendiri mengumpulkan 5 parameter yang disusun oleh Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp. A(K). M.Si , Prof. Dr. dr. Saptawati Bardasono, M.Sc. , Dra. Ratih Ibrahim, M.M, (Psikolog) parameter tersebut ialah : BERANI, CERDAS, KREATIF, PEDULI, BERJIWA PEMIMPIN.





MASALAH KURANG GIZI DAN GIZI BURUK DI INDONESIA

   Nutrisi merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Tumbuh kembang anak yang optimal membutuhkan dukungan dari asupan makanan yang bergizi seimbang dan lengkap sesuai usia anak. Kekurangan gizi dapat terjadi secara akut maupun yang menahun.Kekurangan gizi menahun dapat mengarah pada Stunting dimana terjadi gagal tumbuh pada anak usia dibawah 5 tahun. Anak yang mengalami stunting akan memiliki panjang yang kurang berdasarkan umurnya. 
Masalah tidak memadai nya asupannutrisi yang terjadi pada masa anak ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain :
  1. tidak bervariasinya jenis makanan yang diberikan
  2. jadwal makan yang tidak teratur
  3. perilaku anak sulit makan
  4. jumlah makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan usia anak
Selain empat hal diatas, orang tua juga mempunyai peran besar untuk menyediakan asupan nutrisi melalui makanan bergizi seimbang dan lengkap bagi anak sesuai usianya. Penerapan pola asuh yang tepat diberikan kepada anak sesuai dengan usianya, agar anak mau makan hidangan dengan bahan majanan yang bervariasi dengan porsi yang memadai dan teratur.

PERLINDUNGAN UNTUK SIKECIL DIMASA EXPLORASI

   Mikrobiota penghuni saluran cerna anak dapat digolongkan dalam dua kelompok, yaitu kelompok bakteri komensal atau bakteri baik, dan kelompok bakteri patogenik atau penyebab penyakit. Jumlah kedua kelompok bakteri tersebut harus dalam kondisi seimbang, yaitu 85% bakteri baik dan 15% bakteri jahat, agar kesehatan sikecil terjaga dan berfungsi optimal. saat terjadi ketidakseimbangan dari dua bakteri tadi uamg disebut sebagai disbiosis, maka akan menyebabkan ganggaun kesehatan pencernaan, semisal kolik, diare, perut kembang, ataupun kostipasi.
Ada beberapa kondisi yang memicu terjadinya disbiosis, antara lain :
  1. Anak yang sering mengalami infeksi
  2. Sering mendapatkan antibiotik
  3. Konsumsi makanan dengan gizi tidak seimbang (misal : makanan padat kalori, gula tinggi, lemak tinggi, dan garam)
  4. pola hidup tidak higienis
  5. kurang melaukan aktifitas fisik

Nutrisi untuk perkembangan otak dan pertumbuhan fisik
proses pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang berbeda namun berjalan beriiringan dan slaing terkait.pertumbuhan didefinisikan sebagai proses bertambahnya tinggi dan berat badan, sedangkan perkembangan merupakan suatu proses perubahan dari organ tubuh sehingga mencapai fungsi yang optimal. Dalam metabolisme masing-masing zat gizi makro tersebut dibutuhkan sejumlah kecil zat-zat gizi lainnya (zat gizi mikro) sebagai pendukung yaitu vitamin dan mineral :
  1. kaslium dan vitamin D berperan penting dalam pertumbuhan anak melalui proses penulangan (pertumbuhan epifisis pada tulang-tulang panjang)
  2. vitamin A dan C dibutuhkan untuk mencegah terjadinya infeksi dan menjaga kesehatana pencernaan dengan mencegah gangguan pada selaput lendir pencernaan
Selain untuk pertumbuhan, nutrisi juga sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan anak. Perkembangan otak terjadi sejak anak dalam kandungan. otak akan terus berkembang seiiring dengan usia kehamilan sampai siap dilahirkan. berbagai nutisi yang mempengarughi proses perkembangan ini, antara lain  : zat besi, yodium, DHA, dan AA.
  1. zat besi berperan dalam  proses pembentukan sel darah merah serta transpor oksigen ke seluruh jaringan tubuh, tidak terkecuali otak.
  2. yodium berperan dalam pembentukan hormon tiroid yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan fisik maupun mental anak.
  3. DHA dan AA merupakan asam lemak esensial yang menjadi bagian struktur jaringan otak dan dinding sel otak .

Nutrisi Sesuai Usia
   Proses tumbuh kembang optimal seorang anak ditunjang dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Kebutuhan berbagai jenis nutrisi ini akan bervariasi sesuai dengan usia anak. Setelah mengenal berbagai nutrisi spesifik dengN JUMLh yang sesuai usia anak, maka tentunya harus diterjamahkan sebagai bahan makanan sumbernya yang sesuai usia anak indonesia. 
Piramida Gizi Seimbang
cara menentukan takaran makanan anak

TIPS MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN
   Bagi anak kegiatan makan adalah suatu proses pembelajaran dan eksplorasi sehingga untuk meningkatkan minat dan keinginan anak untuk makan, bisa melakukan hal-hal dibawah ini :

  1. Biasakan makan bersama dengan anggota keluarga pada waktu yang sama dan tempat yang sama (dimeja makan) setiap harinya sehingga kegiatan makan menjadi satu rutinitas.
  2. Biasakan waktu makan yang konsisten yaitu tiga kali waktu makan utama dan dua kali makan selingan tiap harinya.
  3. Biarkan anak makan dengan mandiri. menu untuk anak dapat dipersiapkan dalam bentuk yang mudah untuk dipegang serta dimasukkan kedalam mulut.



untuk kesemuaa alasan diatas lah mengapa kita harus berkata #IYABOLEH kepada sikecil.  Dan mengapa juga saya memutuskan untuk hadir dievent tersebut. karena manffat "Iya Boleh" untuk mengekplorasi sikecil, "Iya Boleh" membuka ruang kesempatan lebih luas bagi sikecil diusia toddlerhood.  "Iya Boleh" pun sebenarnya turut membentuk sikecil  karena dengan mengatakan IYA BOLEH orangtua memahami perkembangan si Kecil dalam berbagai aspek tahpan usianya. oh iya keseruan event tersebut juga sekaligus launching Modul Dancow yang bisa kalian akses di DANCOW PARENTING

Sekalian saya update foto-foto keseruan event IYA BOLEH CAMP kali ini ya :D boleh ga temen temen? Iya Boleh :P

simbolis penyerahan modul dancow

Live streaming serentak dan peluncuran modul di Kota Jakarta - Makassar dan Yogyakarta

suasana DANCOW Camp

anak anak bermain didampingi oleh team Dancow

tempat bermain anak

tempat bermain anak



saling bermain dengan teman

eksplorasi si kecil

bermain

seru bukan ? Karena menurut saya event ini tidak hanya sebagai acara launching Modul Dancow tetapi event ini juga melatih si Kecil bereksplorasi dan membangun komunikasi sikecil melalui bermain bersama teman teman nya. Tak hanya sikecil event ini juga sangat berguna terkhusus buat kami para Ibu karena dengan event ini skill Parenting dan Ilmu Parenting kami jadi nambah. Disela sela acara kami diberikan kesempatan bertanya kepada para pakar yang hadir saat itu, alhamdulillah saya kebagian kesempatan, saya bertanya mengenai Sudais yang sekarang berusia 18 bulan, diusianya yang sekarang Sudais gemar sekali nunjuk-nunjuk mainan tak hanya tunjuk dirumah pun sudais selalu bermain dengan mainannya karena untuk saya pribadi mengurangi Sudais untuk bermain gadget meski teman teman seusianya udah ga bisa tanpa gadget. kenapa mengurangi ? Iya, karena saya sadar melarang penggunaan gadget diJaman Now sangat tidak mungkin ditengah perkembangan teknologi yang semakin beragam dan menarik buat anak-anak, Sudais juga bermain gadget tapi hanya diwaktu waktu tertentu semisal waktu kami ke Disneyland ataupun diatas pesawat yang ga memungkinkan untuk Sudais lari kesana kemari. Terkadang dirumahpun saya ngasih beberapa kali saya bilang kalau sudais seminggu ini ga rewel umik kasih waktu nonton youtube coco melon loh, tapi sejam aja ya. Seakan mengerti dan paham diwaktu waktu tertentu saya kasih karena sudais sudah jadi anak yang baik.
Lanjut masalah pertanyaan tadi, saya menanyakan kekhawatiran saya jika menuruti keinginan sudais untuk beli mainan tapi disatu sisi saya bersyukur Sudais bukan tipekal anak kecanduan gadget mungkin karena saya menyodorkan mainan yang beragam, dan jujur saya lebih suka belikan mainan ketimbang ngasih HP anak diam nonton , mama senang. No ! saya masih suka jika Sudais berantakin mainannya sisi kekhawatiran saya iyalah apa tidak jadi masalah? Nanti sudais fikir segala keinginannya harus dipenuhi. Nah, kekhawatiran saya pun akhirnya terjawab menurut Dr. Setiabudi : Ini adalah hal yang normal, diUsia Sudais sekarang yang masih 18 bulan egosentris nya emang banyak, maka tak mengapa jika kita mengatakan Iya boleh. karena jika egosentris itu dilawan juga dengan ego akhirnya akan menjadi berlawanan. Jika kita menahan anak misalkan lebih keras, dia akan kasih jauh lebih keras. Hal ini yang menimbulkan Tantrum akut pada anak-anak, imbuhnya. lalu Dr. Rinvil pun menambahkan : "Bu, anaknya sekarang diusia 18 bulan ya? jangan kan 18 bulan bu 5 tahun aja egosentrisnya masih banyak, maka mengapa kita sebagai ibu harus mengarahkan lebih pada mengarahkan sih bu ya kalau saya. Karena, emang usia 1-5 tahun itu sudah dirancang sedemikian rupa jadi kalau anaknya mainannya udah banyak dirumah tapi kalau ketempat tempat ada mainannya dia nunjuk-nunjuk mau gapapa beliin aja cuma kalau dia ambil mobil yang sama misalkan model dan warnanya dirumah ibu tinggal bilang aja "Ini udah sama dengan yang dirumah, kalau sama nanti Sudais bingung dong mau mainin yang mana. nah, maka arahkan lah bu ambil mainan yg lain yang sesuai usianya. Gitu aja ya bu kata Dr. Rinvil" ...
*tarik nafas panjang sambil liatin suami*
Dalam hati berkata wah berjaya lah kamu sudais, tapi tak apa anak bermain dengan mainannya juga merupakan stimulus loh. maka dari itu saya berharap ada semakin banyak orang tua yang memahami pentingnya dukungan terhadap eksplorasi dan sosialisasi si Kecil agar dapat tumbuh berkembang menjadi Anak Unggul Indonesia. 

Sudah Katakan Iya Boleh bunda - Ayah ?




sertifikat umik sama sudais dalam Gerakan Iya BOleh untuk seikeccil


see you in next post ~

14 komentar:

  1. Bun, Sudais boleh makan es krim? Bun, Sudais boleh bagi es krim ke Kak Tomi? Boleh, Nak. Dan, Kakak Tomi loncat - loncat kegirangan.

    BalasHapus
  2. Bun, Sudais boleh makan es krim? Bun, Sudais boleh bagi es krim ke Kak Tomi? Boleh, Nak. Dan, Kakak Tomi loncat - loncat kegirangan.

    BalasHapus
  3. dari acara ini saya jadi paham kalo untuk menjadi Anak Unggul Indonesia.. anak2 harus memiliki sikap Berani, Kreatif, Peduli, dan berjiwa pemimpin.. dengan adanya Modul Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia ini, saya jadi termotivasi untuk selalu mendukung keinginan anak untuk bereksplorasi :)

    BalasHapus
  4. Dari tulisan ini saya belajar bahwa membangun komunikasi dengan si kecil dilakukan sambil mengajarkan pada anak apa yang boleh dan tidak yaa.Kalau tidak boleh pastinya sambil dijelaskan alasannya, agar anakpun bisa belajar berkompromi sedari dini.

    BalasHapus
  5. Walaupun saya belum mempunyai anak karena belum berkeluarga tentunya, saya sangat ingin punya anak yang kalau minta sesuatu yang ingin dilakukan misal mau main hujan kek, main sepedaan kek bakal saya iya kan. Karena saya tidak mau nantinya setelah dewasa akan menjadi orang yang susah mengambil keputusan.

    BalasHapus
  6. saya punya keponakan yg hiperaktif bgt tp anaknya susah makan, sebagai anak balita brumur 4 thn, untuk kebutuhan nutrisinya dia banyak minum susu, seperti susu mmg bisa jadi alternatif pelengkap nutrisi anak.

    BalasHapus
  7. Wah kegiatan yang diadakan dancow ini keren yah, sangat mengedukasi bagi pare ibu. :)

    BalasHapus
  8. Saya sendiri tipe anak yang doyan makan, ingat waktu kecil dari semua kakak2ku saya yang paling pertama makan dan paling lama makan kalo makan bersama keluarga. Gak tau dah dulu minum suau dancow juga mungkin hehe.

    BalasHapus
  9. Event yang keren banget buat para moms dan si kecil. Serunya karena anak2 diajak bereksplorasi ya kak. Btw inspiratif sekali gerakan iya boleh dari dancow ini.

    BalasHapus
  10. Saya baca judulnya sambil nyanyi���� hahaha... Saya sangat setuju dengan acara seperti ini, karena menjadi edukasi yang baik untuk anak dan orang tuanya jg��

    BalasHapus
  11. Saya suka sekali Modul yang dibagikan pas event Iya Boleh Camp ini, banyak sekali tips Dan trik yang bisa diterapkan sebagai pola pengasuhan anak-anak sehari-hari di rumah. Terima kasih Dancow

    BalasHapus
  12. Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ dari DANCOW Advanced Excelnutri ini saya kira adalah gerakan yang massif. Bisa memengaruhi banyak pihak untuk seketika bergerak. Kalau Dancow bikin gerakan, selalu mendapat banyak perhatian terutama dari para ahli gizi dan ibu ibu.

    BalasHapus
  13. saya juga ga larang ji anak2 main gadget tapi ttp memantau nonton nya apa dan screen time nya mereka dalam sehari cuma boleh 1-2 jam aja, kecuali kalo di luar ki rewel biasanya kan tawwa bosan ki juga haha

    BalasHapus
  14. Mulai sekarang harus membiasakan diri berkata “iya boleh” pada anak demi perkembangan yang lebih baik ya bun

    BalasHapus

Follow Us @gadis_maharani