Jumat, 25 Januari 2019

Lima makanan khas bugis makassar yang manisnya kayak kamu



Anging mammiri ku pasangPitujui tontongannaTusarroa takkaluppaTusarroa takkaluppa
EauleNamangngu'rangiTutenayyatutenayya pa'risi'naTutenayyatutenayya pa'risi'na

Satu buah lagu daerah Makassar yang akan membuat suku Bugis makassar dimanapun berada Jiwa cinta Daerahnya akan kembali lagi . Suku Bugis Makassar memang dari dahulu dikenal sebagai raja perantauan, karena banyaknya yang bertebaran di beberapa daerah bahkan negara untuk mencari rejeki atau hanya untuk menambah wawasan. jika sudah sukses semoga nantinya balik kekampung halaman dan membangun Makassar lebih baik lagi *aamiin*
saya sendiri bukan terlahir di Kota Makassar, tapi besarnya disini keluarga pun kebanyakan disini so pasti cinta nya sama Makassar ga akan pudar seperti cintaku padamu uwouwouwo *nyanyi depan pak suami* 

Makassar sendiri memliki begitu banyak ragam budaya, dengan 4 suku dan ragam bahasa. tidak salah dong makanan khasnya pun beragam, terletak didaerah maritrim dan memiliki sumber daya alam yang luar biasa menjadikan Makassar kaya akan rempah rempah , tentu sudah banyak yang tahu ya makanan khas makassar sendiri seperti coto, konro, pisang ijo, pallu basa, mie titi, pisang epe' dan masih banyak lagi yang enak banget dinikmati dikala senggang ataupun jika Ramadhan telah tiba.



ngomong ngomong karena saya suka sama hal yang manis manis maka dari itu saya nya juga manis  kali ini lewat tulisan ini dan kamu disampingku *cieh ~ hahaha mau bahas kue-kue manis dari daerah Angin Mammiri nih, bukan hanya bahas tentang kue nya saja loh tapi ada makna yang terkandung dalam kue tersebut. keren yah nenek moyang kita dulu

yuk langsung aja intip, kue kue apa aja saja yang manisnya kayak kamu :P

1. Cucuru Bayao


si kuning ini biasa menghiasi meja meja setiap acara pengantin, khitanan, lamaran, dan berbagai acara lainnya. tapi di Jaman Now kue ini bisa dengan mudah kita temukan di Toko toko kue tradisional khas bugis makassar, harganya pun bervariasi ya.
si kuning ini rasanya sangat manis karena berbahan dasar gula pasir yang dicampur kuning telur dan tepung juga kenari. konon rasa Manis ini merupakan simbol dari harapan sepasang mempelai yang akan menikah nantinya Rumah tangga mereka akan manis selalu penuh kebahagiaan. tapi ada juga yang mengatakan simbol dari manisnya kue ini ialah agar rejeki Rumah tangga sang mempelai manis manis selalu ya dalam artian ga susah susah gitu hehe. sepertinya bagus ya untuk makan kue ini selalu biar manis manis aja gitu tiap hari XD


2. Bolu Peca'

kue tradisional satu ini berwarna coklat dengan khas berarir tapi empuk dan enak whoho. ini salah satu kesukaan aku juga, apalagi kalau dinikmati diwaktu dingin rasanya lebih nikmat. si Brown ini berbahan dasar tepung ketan atau tepung beras putih yang dibubuhi gula merah yang menjadi khas dari kue ini dan itulah mengapa dia berwarna Brown . konon katanya rasa manis pada kue ini juga memiliki makna agar nantinya kedua mempelai rumah tangganya adem ayem manis selalu dan terhindar dari pahitnya perceraian. percaya ga percaya emang orang orang dahulu langgeng langgeng loh :D




3. Sikaporo



kebanyakan bentuk dari kue yang memiliki khas kuning hijau ini dibuat bundal, walau ada juga yang buat sesuai cetakan (segiempat, atau setengah bundar). tapi ada juga membuat nya warna cokelat kata seorang teman. tapi pada dasarnya siakoporo identik dengan HIJAU - KUNING . kue tradisonal ini berbahan dasar kuning telur dan kelapa parut yang dibaluri gula juga essence pandan.
Sikaporo ini menjadi hantaran Wajib untuk pernikahan masyarakat Bugis - Makassar. konon katanya kue ini menjadi simbol kelembutan dan kesederhanaan yang akan dibina dalam Rumah tangga nantinya. bagi suku Bugis - Makassar sikap lembut dan kasih sayang ini adalah pilar utama dalam mengarungai Bahtera Rumah tangga.


4. kue sero' sero'



bentuknya hampir mirip dengan Pastel atau Jalangkote dalam bahasa Bugis - Makassar. bertekstur keras dan dilumuri gula pada bagian atasnya. namanya kue sero' sero' . kue ini biasanya akan ada di pesta pernikahan dengan harapan kedua mempelai pengantin memegang tanggung jawab bersama untuk saling melayani dan mengisi satu sama lain. tapi ada juga yang mengatakan bahwa makna dari kue ini ialah satu sama lain menimba kebaikan dan keberkahan dalam rumah tangga, dengan harapan lainnya rejekinya juga akan banyak. karena semakin banyak di sero' (ditimba) rejekinya semakin banyak, dalam cerita rakyatnya bahwa dahulu kala pasangan suami istri yang baru menikah harus bergantian menimba air disumur .
sero' sero' ini berbahan dasar tepung beras. lebih enak dinikamti dengan secangkir kopi atau teh disampingnya



5. Biji Nangka



ada si kuning lagi dari kota Daeng, namanya biji nangka mungkin diambil karena bentuk kuenya seperti biji nangka :D kue traditional ini salah satu kesukaan saya juga, kalau ke pesta pesta pernikahan tuh selalu nyarinya Biji Nangka ini, kalau pun ada hajatan-hajatan dirumah saya selalu request ada Biji Nangka ini. berbahan dasar kentang dan juga gula kue ini sangat lembut, meski terkadang saya selalu menemukan ada aja yang jual dengan tekstur keras. merusak citra sih Biji Nangka aja sebagai si Lembut yg manis kayak kamu XD
kue berbentuk biji nangka ini memiliki makna agar seorang istri selalu bersikap lemah lembut kepada suaminya, dan manis tutur katanya. walau diperuntukkan untuk mempelai wanita, tak jarang harapan ini juga menjadi harapan balik bagi mempelai wanita kepada Pria.



Nah, dengan beragam kue manis khas Makassar ini pasti membuat kita selalu rindu akan Makassar ya terutama yang lagi diperantauan sana. bagi yang masih jomblo bisa banget ya baca baca makna kue diatas biar kalau ketemu jodohnya udah ada aja gitu pengetahuannya kenapa kue kue ini kerap kali ada di pesta pernikahan .

16 komentar:

  1. duh bolu peca' kue andalan gue banget itu. saya itu seperti bolu peca': manis dan lembut.. btw, sudah lama sepertinya tidak liat kue sero'-sero' itu selain acara penganten. bisa beli di mana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kentaraji kak dari senyum ta kita itu manis dan lembut :) wkwk
      Dipasar dekat rumahku ada kak , meski rasanya tidak seenak klo mmg buat sendiri

      Hapus
  2. Wow... Andalanku semua ini. Dulu ada penjual Sikaporo dekat rumah tapi ndak jualanmi sekarang> Bisa seminggu sekali sa beli dulu. Masih ada andalanku belum masuk di list. Sanggara Balanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow itu juga andalan nya suami kak , ada jg itu sanggara pipi haha. Pernah maki coba?

      Hapus
  3. TUhaaaaan hahaha
    pas jauh dari Makassar, pas lihat foto2 kue ini. Saya paling nda tahan sama cucuru' bayao. kalau ada cara kawinan di kampung, biasanya kue ini dijauhkan dari saya, karena kalau tidak bisa habis sebelum waktunya hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deh haha nda adami dong bagiannya tamu kak🤣 pantas dikasih jauh

      Hapus
  4. Saya pencinta Cucuru Bayao dan Biji Nangkaaa, semuanya bisa membuat hari menjadi menyenangkan, apalagi kalo ada acara-acara baru dibungkuskan ki pulang!? Waaaawwwww...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha saya juga kak unga suka minta dibungkuskan 😂

      Hapus
  5. kesukaannya semua suamiku ini
    kalau saya lebih prefer ke jajanan kue asin asin hehehe
    kalau suamiku cinna ini saya jadi bingung mau beliin dimana selain datang ke pengantin hahahaha

    BalasHapus
  6. Andalanku Nomor 1,2 dan 3.. Tapi biasa di Kota Makassar. ada pi acara baru muncul itu kue andalanga.. Bdw ,The last sentence sangat bikin penasaran kenapa kue2 di atas sering ada di pesta pernikahan..Ulas dlu donk kakak. .hehe

    BalasHapus
  7. Kues sero’ sero ini ada nama lain di kampungku, tp sy lupa apa. Kalau andalan saya bolu peca’

    BalasHapus
  8. Nomor dua dan nomor tiga andalanku. Duh pagi-pagi liat ginian, bikin ngiler!

    BalasHapus
  9. Saya kayanya nda pernahpi coba yang kue sero-sero, tapi empat lainnya kue tradisiinal favoritku! Itumi sukaka datang acara pernikahan ja begini kucari hahahah

    BalasHapus
  10. Kesukaan saya adalah biji nangka. Selain legit, rasa manisnya masih toleran dan tidak bau amis.

    BalasHapus
  11. wah benar-benar manisnya kayak saya, ngiler

    BalasHapus
  12. andalan semuanya ini, tapi kue sero-sero biar dipengantin susahmi dapat di' kecuali klo nikahan dikampung sih, tapi kalo cucuru dehhh ampunn saya, dak mauqa pulang klo dak coba itu kue hehehe

    BalasHapus

Follow Us @gadis_maharani